Bermain Sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo

1004

Gumuk Pasir Parangkusumo – Mungkin ini pertanyaan yang akan anda sampaikan ketika mendengar berita tentang padang pasir yang ada di Kota Yogyakarta. Pasalnya warga sekitar tidak begitu paham dengan fenomena ini. Hingga suatu ketika fakultas geografi dari UGM sering mendapat tamu dari luar negeri untuk melihat daerah berpasir tersebut barulah masyarakat menyadari bahwa tempat berpasir tersebut merupakan harta karun bagi kota Yogyakarta.

gumug pasir parangkusumo

gumug pasir parangkusumo

Liburan ke Padang Pasir di Jogja Yaitu ke Gumuk Pasir Parangkusumo

Lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo

Padang pasir tersebut berada di sepanjang muara Sungai Opak hingga Pantai Parangtritis. Namun sebenarnya padang pasir itu adalah sebutan saja. Sebenarnya tempat ini bernama Gumuk Pasir Parangkusumo. Gumuk dalam bahasa jawa merupakan gundukan atau tumpukan. Jadi Gumuk Pasir disini dimaksudkan dengan tumpukan atau gundukan pasir.

Gumuk Pasir Parangkusumo terletak diantara pantai parangtritis dan pantai depok, menjadikan lokasi ini cepat populer, proses terjadinya gurun pasir ini tidak lepas karena pohon gumuk pasir parangkusumo yogyakartaadanya Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Kali Opak, Kali Progo dan Pantai Parangtritis. Gundukan pasir yang mengumpul merupakan material yang berasal dari abu vulkanik gunung yang terbawa oleh aliran Sungai Opak, Sungai Progo dan sungai-sungai lainnya hingga akhirnya sampai ke Pantai Parangtritis. Kemudian di sini material vulkanik tersebut terombang-ambing oleh ombak hingga akhirnya terkikis dan berubah menjadi debu-debu halus yang akhirnya sampai ke tepi pantai dan dengan mudah dapat diterbangkan oleh angin. Karena proses yang secara terus-menerus tersebutlah hingga terbentuk gundukan pasir yang terkumpul di daratan sepanjang pantai Parangtritis dan Pantai Depok. Gumuk Pasir Parangkusumo tersebut akhirnya semakin melebar dan tinggi akibat tiupan angin secara terus-menerus.

gumuk pasir parangkusumo jogja

gumuk pasir parangkusumo jogja

Gumuk Pasir Parangtritis atau dikenal dengan padang pasirnya Yogyakarta terbentuk selama ribuan tahun. Selain objek wisata, gumuk pasir ini juga dijadikan objek penelitian. Bahkan rencanaya Gumuk Pasir Parangkusumo akan dimasukkan dalam daftar Unesco World Heritage karena merupakan fenomena alam yang tidak biasa dan hanya ditemukan satu-satunya di Asia Tenggara.  Memiliki luas sekitar 2 km dari muara Pantai Parangtritis dan Pantai Depok bermain gumuk pasir parangkusumo yogyakartamenjadikan Gumuk Pasir objek yang indah bagi para fotografer. Area Gumuk Pasir Parangkusumo juga pernah dijadikan syuting film Wanita Berkalung Sorban, video klip Angnes Monica dan group band Letto. Tidak hanya itu, tempat ini juga dijadikan tempat pengambilan gambar untuk prewedding dan manasik haji sebagai contoh keadaan padang pasir di Mekah yang akan dirasakan oleh para rombongan haji.

gumuk pasir yogyakarta

gumuk pasir yogyakarta

Gumuk Pasir Parangkusumo Jogja memiliki suhu yang cukup ekstrim. Dimana ketika siang suhu sangat panas dan terik namun ketika malam hari suhu berubah menjadi sangat dingin. Sedangkan pasir yang terdapat di area ini terbilang unik karena memiliki karakteristik yang sama dengan gurun pasir yang terdapat di Meksiko. Gumuk Pasir Parangkusumo juga dijadikan wisata yang seru untuk bermain ski pasir (Sandboarding). Dengan ketinggian sekitar 20 meter, pengunjung dapat meluncur sepanjang 200 meter. Terdapat pengaman untuk siku, lutut dan helm sehingga pengunjung tidak perlu takut untuk meluncur.

Harga Tiket Masuk Gumuk Pasir Parangkusumo

Untuk harga tiket Gumuk Pasir Parangkusumo sangatlah terjangku hanya membayar parkir kendaraan anda saja. Untuk tarif parkir dari masing-masing kendaraan berbeda mulai dari Rp. 3000 sampai Rp. 10.000. Setelah anda melakukan pembayaran bisa di teruskan ke gumuk pasir yang lokasinya tidak jauh dari loket.

Harga Sandboarding Gumuk Pasir Jogja

gumuk pasir parangtritis

gumuk pasir parangtritis

Bagi wisatawan yang ingin menikmati fasilitas sandboarding maka harus menyewa papannya yaitu sekitar Rp. 150.000 sampai Rp.200.000 . Jika anda belum bisa cara menggunakan papan sanboarding tenang saja akan ada pemandu yang siap membantu anda. Untuk saran kami, anda bisa menyiapkan budget dahulu nih sebelum ingin bermain sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo ini.

Tertarik ke sini? Aksesnya gampang banget, kok. Kamu tinggal menuju ke arah Pantai Parangtritis. Setelah melewati pintu masuk Pantai Parangtritis, kamu tinggal cari tanda di pinggir jalan deh buat ke Gumuk Pasir Parangkusumo. Kalau mau coba sandboarding, kamu bisa sewa papannya dengan harga Rp150.000 – Rp200.000 dan bisa dipakai sepuasnya.

Akses ke Gumuk Pasir Parangkusumo Yogyakarta

Dari kota Yogyakarta ke arah selatan menuju jalan Parangtritis dan lurus saja hingga anda bertemu loket masuk Pantai Parangtritis. Sebelum loket tersebut terdapat belokan ke arah kanan dan ikuti belokan tersebut hingga bertemu loket pembayaran masuk Pantai Depok. Sebelum loket masuk Pantai depok akan terdapat belokan ke arah kiri, ambil belokan tersebut dan lurus saja maka anda akan menemukan Gumuk Pasir Parangkusumo.

lokasi gumuk pasir parangkusumo

lokasi gumuk pasir parangkusumo

Fasilitas Gumuk Pasir Parangkusumo

Karena letaknya yang tidak jauh dari Pantai Parangtritis dan Pantai Depok, wisata Gumuk Pasir Parangkusumo memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Mulai dari toilet, tempat parkir, pos penjagaan, klinik kesehatan, tempat beribadah, warung makan, toko souvenir dan oleh-oleh serta beberapa penginapan yang berada tidak jauh dari area ini. Selain itu terdapat museum dan laboratorium yang beguna untuk kegiatan ilmiah dan beberapa instrumen dan pustaka tentang geospasial serta ilmu kebumian sehingga bagi yang ingin mengetahui pefomena terbentuknya gumuk pasir dapat belajar lewat museum ini.

Tips Sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo

  • Sebaiknya gunakan topi ketika siang hari karena udara sangat menyengat layaknya di padang pasir. Tidak lupa juga kacamata untuk melindungi mata dari tebaran pasir yang dihembuskan oleh angin.
  • Untuk mendapatkan suasana yang nyaman dan pemandangan yang memukau, datanglah pada waktu senja atau sore hari. Dimana anda dapat mengabadikan foto dengan berlatarbelakang sunset dan pasir yang menawan.