Menikmati Wisata Ke Goa Jomblang Gunung Kidul

Goa Jomblang Gunungkidul adalah contoh nyata bagaimana wisata Jogja mampu menjadi daya tarik luar biasa bagi para wisatawan yang menyukai petualangan di alam. Di sini kita tidak sedang membahas Yogyakarta yang identik dengan Malioboro atau Keraton, tetapi Yogyakarta dari sudut lain berupa wisata alam yang tidak kalah menantang.

Goa Jomblang terletak di Padukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gunungkidul, 8 Km timur kota Wonosari atau sekitar 50 kilometer tenggara kota Jogja. Kedua goa ini merupakan goa yang bertipe perpaduan antara goa vertikal dan horizontal. Letak goa yang berada di tengah areal ladang kering berbatu dengan jalan yang cukup menantang dengan batu- batuan di sepanjang jalan menuju lokasi goa ini.

goa-jomblang-1

goa-jomblang-2

Goa Jomblang sendiri merupakan gua vertikal yang bertipe collapse doline. Goa ini terbentuk akibat proses geologi amblesnya tanah beserta vegetasi yang ada di atasnya ke dasar bumi yang terjadi ribuan tahun lalu. Runtuhan ini membentuk sinkhole atau sumuran yang dalam bahasa Jawa dikenal dengan istilah luweng. Itulah yang membuat unik karena di dalam goa terdapat luas mulut goa sekitar 50 meter ini sering disebut dengan nama Luweng Jomblang, dan inilah tujuan utama dari Goa Jomblang ini. Petuangan menuju kedalaman perut bumi pun dimulai dengan berjalan meninggalkan basecamp menuju bibir gua yang sudah disiapkan sebagai lintasan. Ada beberapa lintasan di Gua Jomblang dengan ketinggian beragam mulai 40 hingga 80 meter.

Sampai pertengahan dinding goa, sejauh mata memandang kita melihat perbukitan karst dan pohon jati yang meranggas, sedangkan di perut Goa Jomblang terhampar pemandangan hijaunya hutan yang sangat subur. Aneka lumut, paku-pakuan, semak, hingga pohon-pohon besar tumbuh dengan rapat. Hutan dengan vegetasi yang jauh berbeda dengan kondisi di saat ini sering dikenal dengan nama hutan purba. Setelah di mulut goa, maka akan perjalanan dilanjutkan menuju Luweng Grubung dengan memasuki sebuah mulut goa yang berukuran sangat besar. Jomblang dan Grubug ini dihubungkan dengan sebuah lorong sepanjang 300 meter. Semakin jauh berjalan cahaya semakin sirna tetapi kita bisa melihat berbagai aneka ornamen cantik yang menghiasi lorong ini dengan bantuan senter dan penerangan dari guide penelusur gua. Di sini bentuk dinding lorong goa seperti batu kristal, stalaktit, serta stalagmit yang indah. Tidak berasa lama berjalan terdengar suara gemuruh aliran sungai dan seberkas cahaya terang di tengah kegelapan.

goa-jomblang-3

goa-jomblang-4

Jika para penelusur ingin ke Goa Jomblang Gunung Kidul ini saat akan memasukinnya diperlukan kemampuan teknik tali tunggal atau single rope technique (SRT). Oleh karena itu, siapapun yang hendak caving di Jomblang wajib menggunakan peralatan khusus yang sesuai dengan standar kemanan caving di gua vertikal dan harus didampingi oleh penelusur gua yang sudah berpengalaman. Waktu yang sangat di sarankan jika ingin ke menikmati keindahan Goa Jomblang dan Goa Grubug ini adalah pukul 10-12 siang. Di karenakan pada saat itu matahari tepat berada di atas kepala dan membuat pantulan cahaya yang sangat indah.

Akses Berkunjung Ke Goa Jomblang

Untuk mengunjungi Goa Jomblang Gunung Kidul wisatawan dapat menggunakan angkutan umum. Dari terminal Giwangan anda naik bus jurusan Jogja-Wonosari Simpang Lima Wonosari – Kecamatan Semanu – rumah Kadus Jetis Wetan untuk menitipkan barang dan mambawa barang yang akan dibawa ke gua – berjalan 3 km sampai bibir gua.

Biaya Harga Tiket Masuk ke Goa Jomblang

Dalam pengelolaan tempat wisata tentunya akan memperhatikan maupun menghitung tentang tarif atau biaya masuk dengan segala faktor teknis maupun non teknis untuk dapat menentukan besarnya tarif/biaya yang harus dibayarkan oleh pengunjung tempat wisata tersebut.

Pengunjung Goa Jomblang dikenakan tiket masuk sebesar Rp 450.000/orang, Biaya ini  sudah termasuk sewa perlengkapan SRT, dan pemandu wisata di Goa. Wisata goa jomblang ini sudah banyak diketahui umum bahwa tarif/biaya masuk termasuk kategori mahal, bahkan beberapa orang menyebutnya tarif tertinggi se-area pulau jawa. Ya, kami menyebutnya itu adalah “relatif” karena tergantung dari si wisatawan tersebut suka atau tidak, niat atau tidak, minat atau tidak tentang sensasi yang ditawarkan trip goa jomblang ini. Tentunya kami mempertimbangkan maupun menghitung besarnya tarif bukan hanya dari sisi minat tersebut , tetapi banyak faktor lain yang menjadi pertimbangan.

Tips & Trick Wisata ke Goa Jomblang

  • Jangan lupa bawa pakaian ganti plus alat mandi
  • Kalau perlu bawa juga kaos kaki, menggunakan sepatu boot cukup lama (apalagi kondisi jalanan becek), sangat berpotensi bikin kulit di kaki jadi lecet
  • Best time to visit adalah musim panas (saat matahari cerah secerah cerahnya), pancaran sinar matahari pada dasar Goa akan terlihat sempurna pada pukul 10.00 s/d 12 WIB, jadi usahakan pagi-pagi sudah sampai lokasi

Peta Lokasi Goa Jomblang Gunungkidul Yogyakarta

Lokasi Goa Jomblang terletak di Padukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Salah satu dari goa-goa kawasan karst Gunungkidul yang digunakan untuk wisata petualangan susur goa. Dengan pemandu wisata dan peralatan yang memadai, para wisatawan dapat menikmati pemandangan di dalam goa yang menakjubkan.

Info Wisata Jogja 2018

    sewa motor sekitar goa jomblang | tiket masuk goa jomblang | tiket masuk goa jomblang gunung kidul | biaya masuk goa jomblang gunung kidul | daftar harga goa jomblang | dana masuk goa jomblang gunung kidul | harga masuk goa jomblang | tarif goa jomblang | tiket masuk goa jomblang 2017 |


YOGJO (Yogyakarta or Jogja) Menyajikan Informasi Seputar Wisata, Kuliner, Hotel, Homestay, Rental Mobil, Paket Wisata Jogja dan Yogyakarta


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *