Wedang Uwuh (Minuman Para Raja Mataram) Khas Imogiri Yogyakarta

Wedang Uwuh Khas Imogiri Yogyakarta – Sejarah pengobatan tradisional Jawa memang menyimpan beragam cerita. Banyak jenis jamu yang lahir dari hasil kreativitas atau coba-coba. Wedang uwuh yang kini sedang digemari banyak orang hanya salah satunya. Meski artinya sampah, wedang ini mampu menyegarkan dan menyehatkan tubuh rasanya pun begitu unik. Ada banyak ragam minuman dalam tradisi masyarakat Jawa yang menyehatkan. Ada wedang jahe, wedang ronde, wedang secang, dan sebagainya. Khasiat minuman tersebut, selain menghangatkan tubuh, ada pula yang mampu meredakan batuk dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Yang kini sedang digemari banyak orang, khususnya masyarakat yang tinggal di kawasan Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya adalah wedang uwuh. Popularitas wedang ini ternyata juga sudah menembus ibu kota dan beberapa kota besar di Indonesia lainnya. Tak sedikit orang yang membawa oleh-oleh wedang uwuh siap seduh, sehabis bertandang ke Yogyakarta.

Wedang Uwuh terbuat dari 100% rempah – rempah yang sudah dikeringkan sehingga lebih tahan lama dan higienis. Satu sachet dapat dijadikan untuk 1 gelas besar atau 3 gelas cangkir. Wedang Uwuh ini tanpa pengawet, tanpa bahan kimia berbahaya, asli dan 100% halal. Minuman ini sudah terkenal sejak Raja-raja Mataram tempo dulu karena khasiatnya yang luar biasa. Rasanya yang enak dan harum rempah-rempah membuat orang yang meminumnya seakan semakin ketagihan. Sangat baik untuk kesehatan badan karena kaya akan anti oksidan. Wedang uwuh asli imogiri oleh – oleh khas Jogja.

Manfaat Wedang Uwuh: mengatasi / mencegah masuk angin, batuk, flu, perut kembung, melancarkan peredaran darah, dll.

Ada banyak ragam minuman dalam tradisi masyarakat Jawa yang menyehatkan. Ada wedang jahe, wedang ronde, wedang secang, dan sebagainya. Khasiat minuman tersebut, selain menghangatkan tubuh, ada pula yang mampu meredakan batuk dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Yang kini sedang digemari banyak orang, khususnya masyarakat yang tinggal di kawasan Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya adalah wedang uwuh. Popularitas wedang ini ternyata juga sudah menembus ibu kota dan beberapa kota besar di Indonesia lainnya. Tak sedikit orang yang membawa oleh-oleh wedang uwuh siap seduh, sehabis bertandang ke Yogyakarta.

Yang kini sedang digemari banyak orang, khususnya masyarakat yang tinggal di kawasan Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya adalah wedang uwuh. Popularitas wedang ini ternyata juga sudah menembus ibu kota dan beberapa kota besar di Indonesia lainnya. Tak sedikit orang yang membawa oleh-oleh wedang uwuh siap seduh, sehabis bertandang ke Yogyakarta. Mungkin Anda juga pernah mencicipinya. Atau mungkin belum sama sekali? Jika belum maka cobalah, pasti ketagihan dengan nikmatnya wedang uwuh saat dihidangkan dengan air panas.

Turunkan kolesterol

Uwuh dalam bahasa Jawa artinya sampah. Dijuluki uwuh karena ampas atau bahan-bahan minuman ini ketika sudah bercampur tampak seperti sampah tak berguna. Berbagai jenis herbal yang menjadi isi kandungan wedang uwuh di antaranya adalah rimpang jahe, serutan kayu secang, serutan kayu manis, cengkih, daun pala, gula batu. Kadang ditambahkan pula batang sereh atau daun jeruk. Bisa juga dibubuhi gula merah.

Dilirik dari bahan dasarnya, tidak heran bila wedang uwuh memiliki manfaat untuk kesehatan. Dari mulai jahe, rimpang yang satu ini lebih dari sekadar bumbu dapur. Jahe sudah dikenal manjur mengusir berbagai keluhan. Sifatnya yang panas bermanfaat sebagai penghangat.

Lebih dari itu, jahe, melalui banyak penelitian, terbukti manfaatnya untuk melancarkan peredaran darah. Jahe bersifat antikoagulan (antipembekuan darah) yang lebih hebat daripada bawang putih atau bawang merah.

Jahe juga mampu menurunkan kadar kolesterol karena bisa mengurangi penyerapan kolesterol dalam darah dan hati. Penelitian yang dilakukan para ahli di Jepang memperlihatkan, jahe dapat menurunkan tekanan darah tinggi dengan jalan mengurangi laju aliran darah perifer (aliran darah tepi).

Kayu manis memiliki sifat antioksidan dan membuat rasa wedang menjadi lebih nikmat. Banyak herbalis meyakini bahwa campuran jahe dan kayu manis berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan antioksidannya tinggi.

Kaya Antioksidan

Dr Michael dari Herbacure menilai, berbagai kandungan bahan dalam wedang uwuh jika diuraikan satu per satu memang memiliki manfaat beragam. Manfaat itu terutama untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan memperlancar aliran darah.

Serutan kayu manis dan cengkih, dijelaskannya, adalah herba yang bersifat hangat, juga bisa memberikan aroma sekaligus sensasi rasa yang unik. Daun pala yang mengandung saponin, polifenol, dan flavonoid bermanfaat untuk menghilangkan nyeri, meredakan perut mulas karena masuk angin, melancarkan sirkulasi darah, dan mengatasi gangguan pada lambung.

Komponen penting lain dalam wedang uwuh adalah secang. Herbal yang biasa disebut kayu secang (Caesalpinia sappan) ini telah lama dikenal sebagai bahan ramuan untuk mengobati berbagai penyakit, seperti sifilis, batuk darah, dan radang.

Kayu secang juga dapat dipergunakan sebagai campuran untuk minuman kesehatan dan penghangat badan. Penelitian yang dilakukan di Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, mengungkapkan bahwa secang memiliki kemampuan antioksidan, antikanker, memperlancar peredaran darah, dan melegakan pernapasan.

Terakhir, gula batu sebagai pelengkap untuk memberikan rasa manis, tanpa membuang aroma sekaligus rasa asli bahan-bahan ramuan ini.

Cara membuat wedang uwuh

  • Semua bahan dicuci kembali
  • Jahe dikeprok atau dihancurkan
  • Masukkan semua bahan kedalam gelas atau kedalam teko lalu rebus
  • Tambahkan gula batu kedalam gelas dan tuangkan wedang uwuh kedalam gelas dan sajikan

Bahan ramuan wedang uwuh dipercaya dapat meringankan serta mencegah masuk angin & batuk ringan, melegakan tenggorokan, memperlancar peredaran darah, menghilangkan nyeri, capek-capek, pegal linu, kembung dsb.

Saat ini ramuan wedang uwuh asli Imogiri khas Yogyakarta ini makin digemari dan banyak dikonsumsi untuk menghangatkan badan, menjaga kebugaran serta vitalitas. Rempah Original bahan-bahan ramuan wedang uwuh asli Imogiri khas Yogyakarta yang masih berbentuk bahan baku asli dengan penyajian diseduh ataupun direbus lebih enak dan nikmat. Apabila Anda berkunjung ke Jogja, jangan lupa membeli oleh-oleh bahan ramuan wedang uwuh lengkap yang sudah dikemas. Harga per bungkus relatif murah. Pastikan anda salah satu dari jutaan oirang yang pernah mencicipi Kesegaran dan kenikmatan minuman Wedang Uwuh yaitu minuman rempah raja-raja Mataram Kuno yang sudah sangat terkenal ke seluruh penjuru Nusantara.

Anda Bisa Memberi Review di Sini
Rating
1star1star1star1star1star
Jumlah Penilaian
5 based on 2 votes
Produk
yogjocom
Kategori
Wisata Kuliner Jogja


YOGJO (Yogyakarta or Jogja) Menyajikan Informasi Seputar Wisata, Kuliner, Hotel, Homestay, Rental Mobil, Paket Wisata Jogja dan Yogyakarta


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *