Desa Wisata Nglanggeran

Desa Wisata Nglanggeran Ada 3 Tempat Wisata Keren

120

Desa Wisata Nglanggeran – Jogjakarta dikenal sebagai salah satu kota pariwisata di Indonesia. Kota yang dikenal pula dengan sebutan kota Gudeg ini menyimpan banyak pariwisata mumpuni yang sayang untuk di lewatkan. Mulai dari wisata alam, wisata air hingga wisata budayanya, jogja memiliki semua jenis wisata yang dapat dipilih sesuai keinginan.

Salah satu tempat wisata di Jogja yang bisa anda coba adalah wisata Nglanggeran. Wisata ini terletak di desa Nglanggeran, kecamatan Pathuk, kabupaten Gunung Kidul, Yogjakarta. Desa ini memiliki 2 obyek wisata yang sama serunya yaitu gunung api purba serta embung besar.

Menikmati Indahnya Sunset Gunung Api Purba di Desa Nglanggeran

Daya Tarik Desa Wisata Nglanggeran

Salah satu daya tarik desa wisata nglanggeran adalah adanya Gunung Api Purba yang memiliki pemandangan mengagumkan. Anda bisa mendaki sekitar 1,5 hingga 2 jam untuk dapat mencapai puncak Gunung tersebut. Gunung Api Purba terletak 700 meter dari atas permukaan air laut. Berada di puncak, anda bisa menghirup udara segar sekaligus mengagumi karya indah buatan Tuhan.

Desa Wisata Nglanggeran Jogja

Desa Wisata Nglanggeran Jogja

Selesai berpetualangan mendaki gunung, anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Embung Nglanggeran. Anda dapat menikmati pemandangan menakjubkan dari kolam buatan yang dulunya merupakan sebuah bukit kecil di desa tersebut.

Adapun waktu terbaik untuk menikmati indahnya kolam Nglanggeran adalah ketika matahari terbit atau saat terbenam. Pemandangan indah dari terbitnya matahari atau ketika tenggelam merupakan pemandangan wjaib yang harus pengunjung lihat.

Selain menjelajahi Gunung api purba serta Embung Nglanggeran, anda juga bisa berpetualang menjelajahi desa Nglanggeran. Desa ini menawarkan pengunjungnya mengenai cara penduduk memelihara kebun coklat serta memproduksi beras mereka sendiri.

Anda juga akan disuguhi banyak aktivitas seru mulai dari Jatilan, mengunjungi workshop batik topeng serta aktivitas lain berupa membuat sendiri souvenir anda untuk dibawa pulang.

Rute dan Lokasi Desa Wisata Nglanggeran

Lokasi Nglanggeran hanya berjarak sekitar 25 kilometer saja dari kota Jogja. Lebih dekat lagi dari wonosari yang jaraknya hanya berkisar 20 km. Berikut rute wisata nglanggeran. Bagi anda yang berkendara dari kota Jogja, anda bisa mengambil jalan ke arah Wonosari lalu setir kendaraan anda menuju Piyungan hingga mencapai Bukit Bintang. Lanjutkan berkendara hingga melihat adanya perempatan radio GCD FM Patuk.

Lokasi Desa Wisata Nglanggeran

Lokasi Desa Wisata Nglanggeran

Dari sana, anda bisa belok kiri lalu mengambil jalan yang mengarah ke desa Ngoro-oro. Teruskan perjalanan hingga menemui pertigaan yang terletak setelah UPT Puskesma Patuk II. Sesampainya di pertigaan tersebut, anda dapat mengambil arah ke kanan menuju wisata Nglanggeran.

Dari Wonosari, anda bisa memulai perjalanan dengan belok kanan. Jika sudah mencapai Bunderan Sambi Pitu, anda bisa ambil jalan yang mengarah ke desa Bobung. Dari sana, anda akan melintasi jalanan sepanjang kurang lebih 3 km untuk sampai ke area yang dituju.

Air terjun Kedung Kandang

Air terjun Kedung Kandang

3 Tempat Wisata Desa Nglanggeran

  • Gunung Api Purba Nglanggeran
  • Embung dan Kebun Buah Nglanggeran
  • Air terjun Kedung Kandang

Harga Tiket Masuk Desa Wisata Nglanggeran

Harga tiket masuk nglanggeran dibagi menjadi 2 tiket masuk yaitu untuk wisatawan dalam serta wisatawan manca. Untuk wisatawan domestik, anda bisa membayar Harga Tiket Masuk Gunung Api Purba Nglanggeran hanya 20 ribu untuk di malam hari. Sementara pada siang hari, anda bisa membayar 15 ribu saja. Harga Tiket Masuk Embung Nglanggeran adalah 15 ribu pada malam hari dan 10 ribu pada siang hari.

Harga Tiket Masuk Desa Wisata Nglanggeran

Harga Tiket Masuk Desa Wisata Nglanggeran

Bagi wisatawan manca, dapat membayar 30 ribu untuk tiket masuk Gunung Api Purba pada malam hari dan 20 ribu pada siang hari. Sementara untuk tiket masuk Embung Nglanggeran, Turis asing diharuskan membayar biaya masuk sebesar 30 ribu untuk siang ataupun malam. Wisata Nglanggeran beroperasi selama 24 jam penuh.

Untuk bisa mencapai lokasi desa wisata Nglanggeran, anda bisa melakukan wisata secara pribadi atau dapat pula memanfaatkan jasa dari paket tour Jogja. Melalui agensi yang tepat maka acara berwisata anda akan lebih nyaman dan mengesankan.




X