jalan malioboro

Jalan Malioboro Berada di Jantung Kota Jogja

117

Jalan Malioboro – Menjadi salah satu wisata terfavorit di Jogja, Malioboro hingga kini tak pernah sepi oleh pengunjung. Tempat wisata di Jogja ini banyak digemari lantaran banyaknya pedagang kaki lima yang berjajar memenuhi jalanan. Tidak heran jika kemudian, Malioboro menjadi salah satu pusat perbelanjaan cukup lengkap dan terkenal.

Kawasan berbelanja legendaris ini terletak di jalan Malioboro kota Yogjakarta, DIY. Malioboro sendiri merupakan kawasan umum sehingga tidak dikenakan biaya masuk bagi para wisatawan. Hanya saja anda akan dikenai biaya parkir jika membawa kendaraan disana.

Wisata Belanja dan Sejarah di Malioboro

Keseruan Berbelanja di Malioboro

Malioboro menyajikan ragam akvitas berbelanja dari yang tradisional hingga aktivitas belanja yang modern. Berbelanja di Malioboro, mengharuskan anda untuk pintar dalam tawar menawar harga barang. Karena jika tidak, anda akan dikenai harga barang yang cukup mahal. Berbeda jika anda merupakan seorang penawar yang ulung, anda bisa mendapatkan barang dengan separuh harga dari harga awal atau bahkan bisa berkurang lagi.

Foto Jalan Malioboro

Foto Jalan Malioboro

Berada di Malioboro, pengunjung bisa menemukan puluhan andong beserta becak yang terparkir berderet di pinggir jalan. Anda bisa mencoba transportasi tersebut untuk mengelilingi area wisata.

Anda juga bisa menyaksikan beberapa wisata arsitektur peninggalan zaman kolonial seperti Hotel Inna Garuda, Bank BNI’46, Bank Indonesia, juga Gedung Siciatet. Ada pula perpustakaan umum milik pemerintah provinsi DIY yang cocok bagi mereka yang gemar dengan aktivitas membaca.

Jalan Malioboro Yogyakarta Merupakan Pusat Souvenir Jogja

Banyak sekali pedagang di jalan ini. Barang jualan mereka pun beragam, mulai dari kerajinan tangan seperti miniatur candi, kerajinan kulit, gantungan kunci, sandal, pakaian batik dan souvenir-souvenir lain. Hal ini tentu saja dimanfaatkan bagi wisatawan untuk mencari oleh-oleh ataupun hanya sekedar kenang-kenangan dari jogja.

Jalan Malioboro Memiliki Suasana Khas Jogja

Meskipun banyak sekali wisatawan yang berkunjung, Jalan Malioboro tidak kehilangan identitasnya sebagai bagian dari yogyakarta. Hal ini bisa dilihat dari ornamen seperti lampu, bangunan dan warga malioboro yang tetap menggunakan pakaian serta bahasa khas jogja. Tidak itu saja, di jalan malioboro yogyakarta ini juga masih banyak alat-alat transportasi tempoe dulu, seperti becak, delman, ataupun jika anda ingin bersepeda, anda dapat menemukan persewaan sepeda ontel khas tempoe dulu. Hal ini menyebabkan wisatawan pun masih tetap dapat merasaka suasana jogja.

Menjadi Tempat Berkumpulnya Seniman-Seniman Jogja

Berjalan lha di sepanjang jalan ini, maka anda dapat melihat patung-patung seniman jogja. Mulai dari patung gajah sampai patung seniman kontemporer, semuanya memiliki pesan. Atau berkunjunglha pada malam hari, banyak sekali musisi-musisi jalanan membawakan karya mereka disana. Tidak hanya musisi tetapi juga seniman teater maupun puisi pun sering kita jumpai di malioboro.

Penginapan Di Sekitar Jalan Malioboro

Tidak perlu bersusah payah mencari penginapan di malioboro. Karena di sepanjang jalan ini banyak sekali pilihan penginapan, mulai dari hotel berbintang sampai losmen murah di dekat jalan malioboro yogyakarta, sehingga anda dapat mencari penginapan yang sesuai dengan budget maupun fasilitas sesuai yang anda butuhkan.

Beragam Jajanan dan Kuliner Khas Jogja

Hal lain yang menjadi daya tarik adalah, di sepanjang jalan ini banyak juga ditemui jajanan dan kuliner khas tidak khas jogja tetapi juga dari daerah lain seperti angkringan, sate, lumpia, pecel, gudeg, warung lesehan lalapan, dan bahkan jajajn-jajanan pasar seperti onde-onde, putu, dan lain-lain yang siap memuaskan perut wistawan.

Jalan Malioboro tidak pernah tidur

Jika anda berjalan di waktu pagi, maka anda akan menemukan penjaja makanan yang sangat pas untuk sarapan. Jika siang-malam hari maka anda dapat berburu belanja souvenir. Malam hari juga sering menjadi saat para seniman jogja memamerkan karya-karya mereka. Larut malam anda akan menemukan warung-warung tenda yang siap memuaskan lidah dan perut wisatawan. Jadi Jalan malioboro yogyakarta ini memang tidak pernah tidur.

Lokasi Jalan Malioboro Jogja

Malioboro merupakan lokasi yang tidak hanya aktif di siang hari melainkan juga di malam hari. Aktivitas malam hari tidak kalah seru dari siang hari dengan munculnya nuansa makan malam berupa warung-warung di pinggir jalan. Pengunjung bisa menyantap menu makam malam di warung lesehan sembari menyaksikan indahnya Malioboro di malam hari.

Lokasi Jalan Malioboro

Lokasi Jalan Malioboro

Begitu selesai berbelanja, anda bisa melanjutkan perjalanan menuju lokasi wisata terdekat disana. Ada beberapa lokasi yang bisa anda datangi seperti Benteng Vredeburg, Museum Sonobudoyo, Kampung Kauman serta Keraton Yogjakarta.

Fasilitas dan Akomodasi di Malioboro

Malioboro memiliki fasilitas serta akomodasi yang cukup lengkap. Anda bisa menemukan bintang kelas lima sampai yang kelas melati di dekat area wisata. Banyak pula rumah makan yang bisa anda datangi setiap saat jika merasa lapar. Rumah makan disana cukup beragam mulai dari angkringan yang berbentuk gerobak hingga warung lesehan serta restoran dan kafe.

Fasilitas Jalan Malioboro

Fasilitas Jalan Malioboro

Beberapa fasilitas lain yang dapat anda temukan Malioboro adalah tempat ibadah, pos informasi, polisi pariwisata, warnet, ATM, kios money changer, tempat parkir dan lain-lain. Anda juga bisa menemukan banyak penganan khas Jogja mulai dari geplak, beragam jenis keripik, bakpia, geplak dan lain-lain.

Akses Menuju Jalan Malioboro

Mengingat Malioboro merupakan salah satu destinasi wisata andalan di kota Jogja, maka tidak heran jika ada banyak cara untuk sampai ke tempat ini karena alamat malioboro berada di tengah kota Yogyakarta.

jl malioboro

jl malioboro

Anda bisa berkendara dari terminal Giwangan atau halte yang banyak ditemukan di kota Jogja dengan jalur bus 4 atau bus transJogja trayek 3 A atau 3B. Sesampainya di lokasi, anda bisa menyusuri kawasan wisata dengan berjalan kaki atau bisa pula menggunakan becak dan andong.

Bagi yang menggunakan transportasi umum, bisa turun di Stasiun Tugu. Lokasi Malioboro dari Statiun Tugu cukup dekat sehingga bisa berjalan kaki saja. Pengunjung tinggal berjalan melalui pintu belakang yang berhadapan dengan pasar kembang.

Bagi anda yang tidak ingin kerepotan dalam mempersiapkan kendaraan ataupun penginapan selama di jalan Malioboro, anda bisa menggunakan jasa paket tour Jogja yang dapat dipilih sendiri sesuai dengan budget juga kebutuhan.




X