Candi Prambanan

Candi Prambanan Tempat Wisata Sekaligus Tempat Belajar Sejarah di Yogyakarta

846

Sekilas Mengenai Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan salah satu candi terbesar di Indonesia yang berada di Daerah Istemawa Yogyakarta.Candi tersebut adalah bagian dari salah satu warisan budaya bangsa Indonesia yang berupa bangunan. Candi initelah diakui oleh UNESCO (United Nations, Educational Scientific and Cultural Organization) atau Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa sejak tahun 1991.

Prambanan

Prambanan

Candi Prambanan dibangun oleh Rakai Pikata pada abad ke-9 dan merupakan Candi Hindu yang didirikan pada masa Dinasti Sailendra Kerajaan Mataram. Pada kompleks Candi Prambanan terdapat tiga candi utama yaitu Candi Siwa, Candi Brahma dan Candi Wisnu. Semua candi-candi tersebut merupakan dedikasi kepada tiga dewa besar dalam agama Hindu (Trimurti) yaitu Dewa Siwa, Dewa Brahma dan Dewa Wisnu. Ketiga candi tersebut memiliki keunikan yang sama yaitu semua candinya menghadap ke timur dan masing-masing juga memiliki satu candi pendamping.

Pada candi utama atau Candi Siwa terdapat arca Siwa di dalam candi. Selain itu, Candi Siwa juga sering dikenal sebagai Candi Roro Jonggrang karena terdapat Arca Durga Mahisasurmardani atau yang diduga sebagai arca Roro Jonggrang dalam Candi Siwa. Konon arca tersebut tidak terlepas dari legenda seribu candi yang merupakan kutukan dari Bandung Bondowoso kepada Roro Jonggrang saat mengetahui Roro Jonggrang mencuranginya.

Candi Prambanan Yogyakarta

Candi Prambanan Yogyakarta

Saat berkeliling di Candi Prambanan, para wisatawan dapat melihat relief-relief yang terdapat pada dinding candi. Pada relief-relief tersebut terdapat ilusrasi cerita Ramayana yang merupakan cerita cinta klasik Dewa Rama yang berusaha menyelamat Dewi Shinta dan dibantu oleh Hanoman saat diculik oleh Rahwana. Cerita ini bisa dinikmati saat berkeliling candi dengan searah jarum jam. Pengunjung candi juga dapat menikmati cerita tersebut dalam format teater tari yang dibawakan oleh Sendratari Ramayana Prambanan yang digelar di Panggung Terbuka Komplek Candi Prambanan. Pementasan tari tersebut diselanggarakan pada waktu-waktu tertentu saat musim kemarau, sepeti Bulan Mei sampai dengan Bulan Oktober.

Lokasi Candi Prambanan

Lokasi Candi Perambanan terletak di Jalan Raya Yogyakarta-Solo KM 16 Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istemawa Yogyakarta. Selain dapat menikmati keindahan candi dan berfoto, wisatawan juga dapat bekunjung ke Museum Candi Prambanan yang masih berada di dalam satu komplek candi. Museum yang berada di rute jalan pulang tersebut memiliki beberapa koleksi benda-benda bersejarah, seperti artefak, gerabah, arca, fosil hewan, dan struktur candi, lalu terdapat cerita Roro Jonggrang yang melegenda. Untuk Museum Candi Prambanan ini tidak dikenai biaya masuk lagi atau gratis.

 

Rute Candi Prambanan

Letak Candi Prambanan atau Candi Roro Jonggrang Tidak sulit untuk menemukan lokasi candi prambanan karena letaknya yang langsung berhadapan dengan jalan raya Jogja Solo. Untuk mencapai lokasi Candi Prambanan terdapat beberapa alternatif rute menuju candi prambanan yang bisa digunakan, seperti:

  1. Rute Candi Prambanan yang pertama yaitu dari arah pusat kota atau Jalan Malioboro membutuhkan waktu sekitar 35-60 menit melaju ke arah timur melalui Jalan Solo.
  2. Apabila dari Bandara Adi Sucipto maka akan lebih dekat rute perjalananya, yaitu dengan waktu tempuh 15-20 menit dari bandara Adisutjipto ke arah timur saja. Karena lokasi candi yang memang berada di jalur luar kota. Lokasi pintu masuk Candi Prambanan berada di sebelah kiri apabila datang dari arah Yogyakarta.
  3. Rute menuju candi prambanan dari luar kota jogja yaitu dari arah Solo maka membutuhkan waktu lebih dari 60 menit ke arah barat untuk mencapai lokasi candi dan lokasi pintu terletak disebelah kanan.

Harga Tiket Masuk Candi Prambanan

Wisatawan dapat berkunjung ke Candi Prambanan pada jam operasional 06.00-17.000 WIB. Saat berkunjung para wisatawan domestik akan dikenai tiket masuk candi prambanan Rp. 30.000 untuk dewasa dan Rp. 12.500 untuk anak-anak. Sedangkan para wisatawan internasional akan dikenakan harga tiket masuk candi prambanan sebesar USD 18 untuk dewasa dan USD 9 untuk anak-anak. Lalu untuk pertunjukan Sendratari Ramayana Prambanan sendiri, wisatawan dapat membeli tiket dengan harga yang bervariasi sekitar Rp. 125.000 hingga Rp. 400. 000.

Lokasi Candi Prambanan

Lokasi Candi Prambanan

Itulah sedikit info mengenai Candi Prambanan. Nah bagaimana apakah Anda dan sekeluarga ingin berlibur ke Candi Prambanan untuk mengenalkan pada anak-anak tentang sejarah candi prambanan mulai dini, yuk intip detail Paket Wisata Jogja ke Candi Prambanan di YogJo.



YOGJO (Yogyakarta or Jogja) Menyajikan Informasi Seputar Wisata, Kuliner, Hotel, Homestay, Rental Mobil, Paket Wisata Jogja dan Yogyakarta


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.