Manfaat Beras Merah

Manfaat Beras Merah Untuk Buah Hati

67

Beras merah bukanlah jenis nasi yang umum dikonsumsi sebagian besar orang Indonesia. Umumnya yang dikonsumsi sehari-hari dan juga yang dijual di rumah makan itu biasanya nasi putih. Jadi memang sejak awal lidahpun terbiasa dengan si putih daripada si merah 🙂 Termasuk anak-anak saya Kalila, Nawal dan Malik. Tapi berhubung sekarang ibunya sudah tahu bahwa jauh lebih bagus kandungan nutrisi beras merah maka diputuskan untuk mulai beralih mengkonsumsi beras merah saja daripada beras putih.

Sekarang Kalila, 10 – Nawal, 9 dan Malik, 3 sudah mulai rutin mengkonsumsi beras merah. Saat ini yang kami konsumsi adalah beras merah yang sudah dikupas sebagian, bukan yang full raw (yang belum dikupas), maksudnya supaya rasanya tidak terlalu ekstrim berbeda dibanding beras putih yang selama ini biasa mereka konsumsi. Alhamdulilah tidak ada kesulitan saat beralih dari beras putih ke beras merah. Awalnya sempat dicampur dengan nasi putih saat menanak nasinya, tapi cuma 2 kali, setelah itu langsung full beras merah. Mudah-mudahan bisa segera diganti dengan beras merah yang belum dikupas.

Manfaat Beras Merah Untuk Bayi

Manfaat Beras Merah Untuk Bayi

Yuk bund, beralih ke beras merah. Dari sisi kesehatan, beras merah yang kemudian jika sudah dimasak kita kenal dengan nasi merah, jauh lebih unggul dibanding beras putih. Beras merah ini bagus untuk dewasa dan juga untuk anak-anak. Yuk kita telisik manfaat beras merah kenapa alasannya 🙂

Manfaat Beras Merah

1. Beras Merah Kaya Selenium

Selenium adalah mineral penting yang diketahui secara drastis mengurangi resiko beberapa jenis kanker, penyakit jantung, kondisi peradangan dan rheumatoid arthritis.

2. Beras Merah Kaya Mangan

Satu cangkir beras merah menyediakan lebih dari 80% dari kebutuhan kita sehari-hari akan mangan. Mineral ini membantu tubuh manusia menciptakan asam lemak penting yang memproduksi kolesterol baik. Mangan juga bermanfaat bagi kesehatan sistem saraf dan reproduksi.

3. Beras Merah Mengandung Minyak Alami

Minyak alami ditemukan dalam beras merah dan dapat membantu tubuh mengurangi terbentuknya LDL kolesterol.

4. Beras Merah Membantu Program Penurunan Berat Badan

Karena kandungan seratnya yang kaya dan kemampuannya untuk menjaga fungsi usus, beras merah “membuat semua bagian dalam tubuh bergerak aktif” hal inilah yang berperan menurunkan berat badan dan meningkatkan fungsi metabolik. Setelah mengkonsumsi satu mangkuk beras merah, Anda akan merasa lebih kenyang meskipun makan dengan lauk atau porsi yang lebih sedikit.

5. Beras Merah Merupakan Butir Utuh

Tidak seperti beras putih, beras merah tidak kehilangan keutuhannya. Studi menunjukkan bahwa enam porsi biji-bijian mingguan dapat menurunkan pembentukan plak pada arteri dan mengurangi kemungkinan terkena penyakit jantung dan kolesterol tinggi.

6. Beras Merah Merupakan Antioksidan

Kebanyakan orang mengasosiasikan antioksidan dengan buah blueberry dan teh hijau, tapi banyak yang tidak menyadari bahwa beras merah juga merupakan sumber antioksidan yang bagus! 🙂

7. Beras Merah Tinggi Serat

Penelitian menunjukkan tingginya hubungan antara konsumsi biji-bijian seperti beras merah dengan tingkat penurunan resiko kanker usus besar. Ini mungkin terkait dengan kadar serat yang tinggi yang terkandung dalam beras merah. Studi menunjukkan bahwa serat benar-benar menempel pada zat penyebab kanker dan racun, membantu untuk menghilangkan mereka dari tubuh, dan menjaga mereka dari melekat pada sel-sel di usus kita. Beras merah juga mengandung komponen yang diperlukan untuk menstabilkan pencernaan, mencegah / meringankan sembelit dan mempromosikan penghapusan tepat / fungsi usus. ( Baca juga: Paket Wisata Jogja )

8. Beras Merah Memperlambat Pelepasan Gula

Tidak seperti beras putih, beras merah dapat membantu menjaga gula darah stabil karena melepaskan gula secara perlahan dan secara berkelanjutan. Hal ini membuat pilihan yang lebih baik bagi penderita diabetes, dibandingkan dengan beras putih. Sementara penelitian di Asia telah menunjukkan hubungan antara konsumsi nasi putih dan risiko diabetes tipe 2, penelitian baru menunjukkan bahwa orang yang makan setidaknya dua porsi nasi merah mingguan dapat mengurangi kesempatan mereka untuk terkena diabetes 2 hingga 11 persen.



YOGJO (Yogyakarta or Jogja) Menyajikan Informasi Seputar Wisata, Kuliner, Hotel, Homestay, Rental Mobil, Paket Wisata Jogja dan Yogyakarta


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *